Sunday, 27 May 2012 23:16

Kisruh Demokrat Maluku Utara Bisa Picu Daerah Lain

Written by 
Rate this item
(0 votes)

INILAH.COM, Jakarta - Kisruh kader Partai Demokrat Maluku Utara yang menolak Ketua Umum Anas Urbaningrum dan Sekjen Edhie Baskoro Yudhoyono untuk membuka Musda yang berakhir bentrok, dinilai bisa mempengaruhi sejumlah daerah lainnya untuk berbuat yang sama.

"Tentu bisa saja dapat merangsang kader-kader lain untuk berbuat yang sama. Bisa jadi punya dampak, bisa dijadikan contoh. Apalagi kalau sanksi yang diberikan tidak memberikan efek jera," ujar Saleh Daulay, pengamat politik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Minggu (27/5/2012).
 

Menurutnya, DPP Demokrat akan menghadapi dilema. Bila diberikan sanksi tegas seperti pemecatan, akan ada sekelompok yang keluar dari partai yang bersamaan dengan yang dipecat. Sehingga, akan ada kekurangan suara secara besar-besaran.

"Untuk kasus Maluku Utara, tokoh yang katanya bertanggung jawab adalah Gubernur yang ada saat ini. Tentu dia punya pengikut yang lumayan besar di belakangnya," katanya.

Di sisi lain, bila tidak dipecat dan hanya diberikan sanksi administratif berupa teguran dan peringatan, maka ini sanksi itu tidak akan membuat jera.

"Dalam kondisi ini, bisa jadi kejadian di Maluku Utara akan dicontoh wilayah-wilayah lain," katanya. [gus]

Sumber: http://nasional.inilah.com/read/detail/1865297/kisruh-demokrat-maluku-utara-bisa-picu-daerah-lain

Read 1428 times Last modified on Thursday, 31 May 2012 22:28
Saleh Daulay

Rumah online Anggota DPR-RI Fraksi PAN. Fight for Justice and Humanity.

Add comment


Security code
Refresh

Kontak

Gedung DPR-RI, Jl. Gatot Subroto, Nusantara I, Lantai 19, Senayan Jakarta.

Email: i[email protected]

DPR Links