Tuesday, 12 June 2012 13:00

Nasdem Bayar Caleg Rp 5 Miliar: Caleg NasDem Terikat ke Pemilik Modal

Written by 
Rate this item
(0 votes)
Nasdem Bayar Caleg Rp 5 Miliar: Caleg NasDem Terikat ke Pemilik Modal Illustrasi: kontinum.org

INILAH.COM, Jakarta - Walau didanai oleh partai Rp5 miliar, namun caleg Partai NasDem justru terikat dengan pemilik modal. Kepentingan masyarakat yang harusnya mereka bela akhirnya terabaikan.

"Justru pemberian modal semacam ini akan semakin mengikat para anggota legislatif NasDem terpilih. Dalam kasus-kasus tertentu nanti, bisa jadi yang mengontrol mereka bukan pikiran dan hati nurani masing-masing, tetapi justru orang yang memberi uang tadi," ujar pengamat politik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Saleh Daulay, saat dihubungi INILAH.COM, Selasa (12/6/2012).

Sikap orang Indonesia yang mengedepankan balas budi, dinilainya akan beralaku juga dengan apa yang dilakukan Partai NasDem tersebut. Balas budi adalah hal yang lumrah. "There is no such thing as a free lunch, tidak ada makan siang yang gratis," katanya.

Namun, bagaimana jika pemberi modal tersebut melakukan pelanggaran? Apakah legislator NasDem harus membantu orang yang melanggar hukum?

Ketua PP Pemuda Muhammadiyah ini juga berkeyakinan, tidak mungkin Partai NasDem mau memberikan uang dengan jumlah yang fantastis jika tidak ada maksud dibalik itu semua. Dia meyakini, ada egenda lain dari NasDem di balik ini semua.

"Apa ada jaminan bahwa yang memberikan uang tidak akan meminta refund. Mungkin refundnya tidak dalam bentuk uang tapi kekuasaan. Katakanlah misalnya Menteri atau bahkan capres dan cawapres," terang Saleh. [gus]

Sumber: http://nasional.inilah.com/read/detail/1870995/caleg-nasdem-terikat-ke-pemilik-modal

Read 1317 times Last modified on Tuesday, 12 June 2012 15:58
Saleh Daulay

Rumah online Anggota DPR-RI Fraksi PAN. Fight for Justice and Humanity.

Add comment


Security code
Refresh

Kontak

Gedung DPR-RI, Jl. Gatot Subroto, Nusantara I, Lantai 19, Senayan Jakarta.

Email: i[email protected]

DPR Links