Wednesday, 13 June 2012 14:24

KoK Presiden SBY Angkat Menteri Berumur 72 Tahun?

Written by 
Rate this item
(0 votes)
KoK Presiden SBY Angkat Menteri Berumur 72 Tahun? Foto: tempo.co

Rabu, 13 Juni 2012 , 13:58:00 WIB

RMOL. Penunjukan Nafsiah Mboi sebagai Menteri Kesehatan kelihatannya hanya sekedar mengejar jam tayang. Tampaknya, Presidne SBY lebih mempertimbangkan aspek perimbangan jender di dalam kabinet dibandingkan aspek profesionalitas. Bahkan, SBY juga mengesampingkan aspek usia dan produktivitas.

"Pengangkatan menteri itu memang sepenuhnya hak prerogatif Presiden. Tetapi, semestinya Presiden juga mempertimbangkan banyak hal termasuk masukan dan usulan dari masyarakat. Kan menteri itu bekerja untuk rakyat?" ujar pengamat politik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Saleh P. Daulay kepada Rakyat Merdeka Online (Rabu, 13/6).

Nafsiah Mboi, lanjut Saleh, saat ini sudah memasuki usia ke-72 tahun. Meskipun dinilai masih produktif, tetapi orang yang usianya lebih muda diyakini tetap lebih produktif. Apalagi urusan kesehatan ini sangat terkait dengan hajat hidup 240 juta penduduk Indonesia.

"Alasan resmi SBY, seperti dikutip banyak media, kan karena kapasitas, pengalaman, dan pengabdian. Apa tidak ada lagi ahli kesehatan Indonesia yang memiliki kapasitas, pengalaman, dan pengabdian yang lebih baik? Itu alasan diplomatis saja sebenarnya," ujar Saleh.

"Pandangan subjektif saya mengatakan bahwa SBY hanya ingin mempertahankan keterwakilan perempuan di kabinet. Bila hanya persoalan jender, berarti SBY mengesampingkan hal-hal fundamental lain dalam melayani rakyat Indonesia," sambung Saleh.

Oleh karena sudah diangkat, Saleh tetap mendoakan agar Nafsiah Mboi dapat melaksanakan tugas-tugas yang diamanahkan di pundaknya. Waktu yang tersedia untuk menuntaskan janji pemerintah dalam bidang kesehatan tinggal sedikit. Apalagi beberapa waktu lalu sempat terjadi stagnasi setelah Menkes yang lama Endang Rahayu menderita sakit, sebelum meninggal dunia.

"Perlu kerja keras, cerdas, dan kerjasama dengan semua pihak. Tidak mungkin semua persoalan kesehatan masyarakat bisa dituntaskan oleh depkes. Bagaimana pun harus melibatkan semua komponen masyarakat. Seharusnya, potensi yang dimiliki masyarakat yang dijadikan sebagai modal kerja," demikian Saleh.

Nafsiah Mboi yang saat ini masih menjabat Sekretaris Nasional Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) adalah istri mantan Gubernur Nusa Tenggara Timur Mben Mboi. Dia lahir di Sengkang, Sulawesi Selatan, pada 14 Juli 1940. [zul]

Sumber: http://www.rmol.co/read/2012/06/13/67049/KoK-Presiden-SBY-Angkat-Menteri-Berumur-72-Tahun-

Read 2246 times Last modified on Thursday, 14 June 2012 21:12
Saleh Daulay

Rumah online Anggota DPR-RI Fraksi PAN. Fight for Justice and Humanity.

Add comment


Security code
Refresh

Kontak

Gedung DPR-RI, Jl. Gatot Subroto, Nusantara I, Lantai 19, Senayan Jakarta.

Email: i[email protected]

DPR Links