Print this page
Friday, 15 June 2012 16:49

Perlawanan terhadap SBY memang Tak Terhindarkan!

Written by 
Rate this item
(0 votes)
Perlawanan terhadap SBY memang Tak Terhindarkan! Foto: stlevipardosi.blogspot.com

Jum'at, 15 Juni 2012 , 09:44:00 WIB

RMOL. Kemelut dan gonjang-ganjing di Partai Demokrat dipastikan tidak akan mereda.

Pasalnya, pertemuan Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat SBY bersama Ketua DPD Demokrat se-Indonesia dan hari berikutnya bersama pendiri dan deklarator Partai Demokrat ditambah sindiran SBY terhadap partai lain, sebagai partai terkorup, dalam pidatonya, justru mendatangkan masalah baru.

"Pertemuan dan pidato sindiran itu bisa menimbulkan problem internal dan eksternal bagi partai Demokrat. Dengan manuver semacam ini, niat untuk menyelesaikan masalah Partai Demokrat semakin terkendala," ujar pengamat politik Saleh P. Daulay kepada Rakyat Merdeka Online pagi ini (Jumat, 15/6).

Secara internal, lanjut Saleh, akan memperkuat faksi-faksi yang selama ini sudah terbentuk. Kalau betul bahwa pertemuan itu ditujukan untuk mendongkel kader partai yang terlibat korupsi, maka faksi yang merasa dirinya tertuduh akan merapatkan barisan untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan yang terjadi. Bahkan pada titik tertentu bisa jadi muncul perlawanan. Apalagi pertemuan itu secara sengaja tidak melibatkan orang-orang yang berkepentingan secara langsung.

Sementara secara eksternal, pidato SBY yang menyindir partai lain bisa menimbulkan resistensi dari partai-partai lain. Akibatnya, hubungan baik dengan partai politik lain bisa menjadi tidak harmonis. Meski tidak diungkapkan secara eksplisit, tentu ada partai yang merasa tersinggung.

"Siapa sih yang tidak merasa tersinggung dengan pernyataan seperti itu? Lagi pula, mengapa membawa partai-partai lain dalam menyelesaikan masalah internal partai sendiri? Terlepas benar dan tidaknya sindiran itu, pernyataan itu tetaplah tidak bijak," ungkap Saleh, yang juga pengajar di FISIP UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini.

Sebaiknya, lanjut Saleh, masalah internal partai jangan sampai diungkap ke publik. Biarlah diselesaikan secara kekeluargaan di tingkat internal. Kalau sudah jadi konsumsi publik, maka akan muncul berbagai reaksi dan juga penilaian-penilaian yang belum tentu menguntungkan partai Demokrat. [zul]

Read 1465 times
Saleh Daulay

Rumah online Anggota DPR-RI Fraksi PAN. Fight for Justice and Humanity.

Latest from Saleh Daulay

Related items