Friday, 15 June 2012 23:27

Penembakan di Papua Gunakan Senjata Modern

Written by 
Rate this item
(0 votes)
Penembakan di Papua Gunakan Senjata Modern Foto: antaranews.com

Jum'at, 15 Juni 2012 , 15:34:00

JAKARTA – Pelaku serentetan aksi penembakan di Papua diyakini menggunakan senjata modern.  Sebab penembakan itu tidak meninggalkan jejak sehingga sulit bagi aparat untuk melakukan penangkapan. Ironisnya, meskipun aparat polisi sudah menangkap beberapa pelaku namun belum bisa mengungkap siapa dalang di balik aksi teror itu.

Pengamat Sosial Politik Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Saleh P. Daulay, mengatakan, berdasarkan hasil keterangan beberapa warga Papua di lokasi kejadian, masyarakat di sana tidak ada yang mendengar peristiwa penembakan tersebut. Hal inilah yang memerkuat dugaan bahwa senjata yang digunakan itu sudah canggih. “Ini menandakan senjata yang digunakan bukan rakitan,  tetapi senjata modern, “ kata Saleh saat dialog Perspekstif Indonesia bertajuk ‘Papua Semakin Membara’ di DPD, Senayan, Jakarta, Jumat (15/6).

Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah itu juga mensinyalir aksi kekerasan berujung penembakan di Papua belakangan ini penuh kejanggalan dan keanehan. Sebab, kata dia, begitu mudahnya aksi itu terjadi di kota. “Aparat harus serius menyelidiki kasus itu sehingga bisa memberikan rasa aman bagi masyarakat,” tegasnya.

Dia tidak yakin, kasus penembakan di sana apalagi di wilayah perkotaan pelakunya adalah Organisasi Papua Merdeka (OPM).  Dia memertanyakan, dimana keberadaan aparat keamanan dan TNI saat kejadian tersebut. Saleh menegaskan, yang menjadi sasaran korban penembakan adalah warga pendatang yang tidak memiliki hubungan dengan OPM. “Apalagi keinginan untuk merdeka,” tegasnya.

Seperti diketahui, serentetan aksi penembakan terjadi di wilayah paling timur Indonesia itu sejak pertengahan Mei 2012 lalu. Belasan manusia menjadi korban. Sejauh ini polisi mengklaim sudah mengamankan tiga pelaku. Ditambah lagi, seorang pelaku berinisial MT yang diduga terlibat dalam aksi penembakan di Papua, sudah diberangus.(boy/jpnn)

Sumber: http://m.jpnn.com/news.php?id=130753

Read 1638 times Last modified on Friday, 15 June 2012 23:34
Saleh Daulay

Rumah online Anggota DPR-RI Fraksi PAN. Fight for Justice and Humanity.

Add comment


Security code
Refresh

Kontak

Gedung DPR-RI, Jl. Gatot Subroto, Nusantara I, Lantai 19, Senayan Jakarta.

Email: i[email protected]

DPR Links