Friday, 22 June 2012 10:24

Bila Betul, Koruptor Pengadaan Alquran Lakukan Dosa Bertingkat

Written by 
Rate this item
(0 votes)
Bila Betul, Koruptor Pengadaan Alquran Lakukan Dosa Bertingkat Foto: masurbana-champaign.org

RMOL. Dugaan korupsi pengadaan Alquran di Kementerian Agama harus segera ditelusuri dan dituntaskan. Kasus ini betul-betul sangat memalukan. Bukan hanya pelaku korupsinya yang malu, tetapi Kementerian Agama secara keseluruhan. Kementerian Agama yang semestinya berfungsi sebagai pengawal moral, justru sekarang diduga melakukan korupsi.  Ironisnya, korupsi itu berkenaan dengan pengadaan Alquran yang diyakini sebagai tuntunan moralitas umat Islam.

"Mungkin, dosa pelaku korupsi pengadaan Al-Quran ini dapat dikategorikan sebagai zanbun murakkab atau dosa bertingkat.Tingkat pertama karena korupsinya berkenaan dengan pengadaan Alquran. Tingkat kedua karena dilakukan oleh orang yang paham pesan-pesan moralitas Al-Quran. Tingkat ketiga karena merugikan keuangan negara dan otomatis merugikan rakyat Indonesia," ujar Ketua Umum PP. Pemuda Muhammadiyah Saleh P. Daulay, ketika dihubungi di sela-sela acara Tanwir Muhammadiyah di Bandung (Jumat, 22/6).

Meski demikian, Saleh tidak terburu-buru mempercayai dugaan itu. Ia merasa tidak percaya kalau ada orang yang berani melakukan itu. Kalau korupsi pengadaan barang yang lain, sudah banyak yang terungkap. Tapi kalau pengadaan Alquran baru sekali ini diungkap ke publik.

"Ini kasus khawashul khawas atau  ekstra spesial. Oleh karena itu, KPK juga harus melakukan penyelidikan secara ekstra spesial. Artinya, penyelidikan itu tidak boleh hanya berhenti pada pejabat pembuat komitmen saja, tetapi harus diusut tuntas sampai pada pejabat eselon I."

Selain itu, Saleh juga meminta agar Menteri Agama segera melakukan klarifikasi terkait dugaan korupsi ini. Apalagi, sementara ini sudah ada sangkalan dari beberapa pejabat Kementerian Agama. Menteri Agama tidak boleh lepas tangan karena semua program dan kebijakan kementerian berada di bawah koordinasinya. Kalau menteri agama tidak mengklarifikasi, bisa saja masyarakat berpendapat bahwa dugaan itu adalah benar adanya. [zul]

Sumber: http://www.rmol.co/read/2012/06/22/68128/Bila-Betul,-Koruptor-Pengadaan-Alquran-Lakukan-Dosa-Bertingkat-

Read 1335 times
Saleh Daulay

Rumah online Anggota DPR-RI Fraksi PAN. Fight for Justice and Humanity.

Add comment


Security code
Refresh

Kontak

Gedung DPR-RI, Jl. Gatot Subroto, Nusantara I, Lantai 19, Senayan Jakarta.

Email: i[email protected]

DPR Links