Friday, 29 June 2012 21:34

Partai Islam Dinilai Kurang Proaktif Gandeng Ormas

Written by 
Rate this item
(0 votes)
Partai Islam Dinilai Kurang Proaktif Gandeng Ormas Ilustrasi: bersamadakwah.com

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Partai-partai berideologi Islam dan berbasis massa Islam dinilai kurang maksimal dalam mempersiapkan diri untuk mengikuti pemilu 2014. Ketua PP Pemuda Muhammadiyah, Saleh Partaonan Daulay, menilai partai Islam kurang proaktif menggandeng organisasi masyarakat Islam yang ada.

"Partai Islam tidak mempersiapkan diri secara maksimal. Isu-isu saat ini tidak dikelola dengan baik menjadi isu-isu pro umat islam," ungkap Saleh saat dihubungi Republika, Rabu (27/6).

Dia mencontohkan dalam pembahasan Undang-Undang di parlemen, partai Islam tidak melibatkan ormas-ormas Islam. Padahal, Undang-Undang tersebut sangat penting untuk masa depan bangsa.

Di sisi lain, tutur Saleh, partai-partai berideologi nasionalis mencoba lebih agresif untuk meraup suara dari umat Islam. Termasuk, melibatkan partisipasi umat Islam dalam penyusunan Undang-Undang. "Tidak heran survei yang ada sekarang memperlihatkan hasil yang belum memuaskan untuk suara partai Islam," ujar Daulay.

Ia pun meminta partai Islam kembali kepada ideologi yang memperjuangkan kesejahteraan umat. Sehingga, partai Islam tidak terpecah dengan simbol dan bendera yang selama ini menjadi identitas masing-masing partai.

"Agenda politik pun harus disamakan antara partai Islam dengan umat Islam. Oleh karena itu mereka harus rajin berkomunikasi dengan ormas terutama mainstream," jelasnya.

Tidak hanya itu, Daulay meminta partai-partai Islam kecil melakukan penyatuan. Dengan electoral trasehold sebesar 3,5 persen, ungkapnya, akan sulit bagi partai Islam kecil untuk lolos verifikasi. Pasalnya, tutur Daulay, jumlah partai islam saat ini terlalu banyak sehingga membingungkan para konstituen.

 

Sumber: http://www.republika.co.id/berita/nasional/politik/12/06/27/m69r64-partai-islam-dinilai-kurang-proaktif-gandeng-ormas

Read 2051 times Last modified on Friday, 29 June 2012 21:46
Saleh Daulay

Rumah online Anggota DPR-RI Fraksi PAN. Fight for Justice and Humanity.

Add comment


Security code
Refresh

Kontak

Gedung DPR-RI, Jl. Gatot Subroto, Nusantara I, Lantai 19, Senayan Jakarta.

Email: i[email protected]

DPR Links