Wednesday, 04 July 2012 10:13

KPK Diminta Tegas Soal Kasus Wisma Atlet

Written by 
Rate this item
(0 votes)
KPK Diminta Tegas Soal Kasus Wisma Atlet Foto: berita9.com

INILAH.COM, Jakarta - Pembebasan bersyarat terhadap terpidana kasus suap proyek pembangunan wisma atlet Sea Games, Mindo Rosalina Manulang, dinilai tidak tepat. Pasalnya, kasus yang menyeret mantan Bendahara Umum Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin dan Angelina Sondakh saat ini prosesnya tengah berjalan di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Masyarakat menginginkan kasus ini (wisma atlet) dituntaskan, proses hukumnya juga masih berjalan di KPK," terang pengamat sosial politik UIN Syarif Hidayatuloh, Saleh Daulay, kepada INILAH.COM, Selasa (3/7/2012).

Menurutnya, keberanian Rosa -sapaannya- mengungkap kasus wisma atlet patut diacungi jempol. Namun Saleh mengingatkan KPK, Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK), Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) dan Kejaksaan Agung (Kejagung), bahwa kasus ini belum selesai. Orang-orang yang diduga terlibat dalam kasus tersebut juga masih diminta keterangan, termasuk nama-nama lain yang belum dipanggil KPK.

"Dia (Rosa) dianggap sebagai justice collaborator, karena dia dianggap justice collaborator maka diberikan pembebasan bersyarat. LPSK, Kumham, Kejagung dan KPK sepakat untuk memberikan penghargaan. Apakah betul pemberian pembebasan bersyarat ini akan berdampak positif?," tanyanya.

Saleh mempertanyakan demikian karena pemberian pembebasan bersyarat bisa berarti dua. Pertama, kasus wisma atlet sudah benar-benar tuntas sehingga Rosa yang dianggap telah berjasa pantas diberikan pembebasan bersyarat. Kedua, bahwa pembebasan bersyarat Rosa justru akan menutup pintu bagi KPK untuk mengungkap pihak-pihak lain yang diduga terlibat.

"Apakah betul pembebasan bersyarat akan berdampak positif. Ada konstribusi yang diberikan Rosa, sementara kasus ini sampai sekarang masih mengambang. Apa jaminannya, justru nanti kasus ini akan tertutup," tegasnya.

"Permasalahannya masih ada nama-nama lain yang belum terungkap. Katanya anas terlibat, katanya Menpora terlibat. KPK harus tegas disini, karena kasihan juga nama-nama yang disebut," pungkas Saleh.[dit]

Sumber: http://nasional.inilah.com/read/detail/1878837/kpk-diminta-tegas-soal-kasus-wisma-atlet

Read 1520 times Last modified on Saturday, 07 July 2012 00:22
Saleh Daulay

Rumah online Anggota DPR-RI Fraksi PAN. Fight for Justice and Humanity.

Add comment


Security code
Refresh

Kontak

Gedung DPR-RI, Jl. Gatot Subroto, Nusantara I, Lantai 19, Senayan Jakarta.

Email: i[email protected]

DPR Links