Thursday, 12 July 2012 00:52

Jokowi dan Foke Harus Beradu Cepat Gandeng PKS

Written by 
Rate this item
(0 votes)
Jokowi dan Foke Harus Beradu Cepat Gandeng PKS Foto: metro.news.viva.co.id

Rabu, 11 Juli 2012 , 19:21:00 WIB

RMOL. Berdasarkan hasil quick count Pilkada DKI Jakarta, hampir dipastikan pasangan Joko Widodo-Basuki T. Purnama dan Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli akan bertemu pada putaran kedua.

Walau perolehan suara suara Jokowi lebih tinggi dibandingkan Foke, namun kedua kandidat diyakini masih memiliki peluang yang sama untuk keluar sebagai pemenang dalam putaran kedua. Siapa yang paling cepat menarik suara kandidat lain yang kalah, akan memiliki peluang yang lebih besar.

"Kalau dari hasil quick count itu, suara Hidayat-Didik berada pada posisi ketiga. Suara pasangan ini tentu paling menentukan dalam putaran berikutnya. Karena itu, Jokowi ataupun Foke harus segera melakukan upaya untuk mendekati Hidayat dan para petinggi PKS," ujar pengamat politik UIN Syarif Hidyatullah Jakarta, Saleh P. Daulay, kepada Rakyat Merdeka Online (Rabu, 11/7).

Jokowi dan Foke, lanjut Saleh, harus betul-betul memperhitungkan suara PKS ini. Pasalnya, suara PKS dinilai adalah suara yang paling beku. Artinya, jika petinggi PKS berhasil diyakinkan, maka dengan mudah suara itu dialihkan kepada kandidat yang akan didukung pada putaran kedua. Pengalaman menunjukkan bahwa suara PKS selalu solid untuk memenangkan kandidat yang didukungnya.

"Sedikit berbeda dengan suara dari pasangan lain. Suara Alex Noerdin, misalnya, sangat cair. Para pemilih yang mendukung mereka pada putaran satu belum tentu dengan mudah bisa dialihkan untuk memenangkan kandidat lainnya. Untuk mendapatkan suara dari mereka, Jokowi dan Foke perlu melakukan usaha besar dibandingkan hanya sekedar bertemu dengan petinggi partai Golkar," jelasnya.

Untuk mendekati PKS, menurut Saleh, masing-masing kandidat tidak cukup hanya membawa sejumlah konsep pembenahan Jakarta ke depan. Lebih dari itu, para kandidat perlu melakukan deal-deal politik yang dinilai dapat memberikan keuntungan politik bagi PKS. Bagaimanapun, ideologi politik yang sesungguhnya adalah kepentingan. Jika kepentingan PKS terakomodir, mau tidak mau PKS juga pasti tunduk demi mendapatkan keuntungan politik dari proses demokrasi yang sedang berlangsung. [zul]

Sumber: http://www.rmol.co/read/2012/07/11/70602/Jokowi-dan-Foke-Harus-Beradu-Cepat-Gandeng-PKS-

Read 1426 times Last modified on Friday, 02 November 2012 22:26
Saleh Daulay

Rumah online Anggota DPR-RI Fraksi PAN. Fight for Justice and Humanity.

Add comment


Security code
Refresh

Kontak

Gedung DPR-RI, Jl. Gatot Subroto, Nusantara I, Lantai 19, Senayan Jakarta.

Email: i[email protected]

DPR Links