Friday, 27 July 2012 16:36

Jadi Muslim di AS Punya Tantangan Sendiri

Written by 
Rate this item
(0 votes)

RMOL. Pemuda Muhammadiyah dan Ortom Muhammadiyah tingkat pusat melakukan buka puasa bersama dengan wakil Dubes AS, Kristen F. Bauer, Kamis 26/7 di Jl. Taman Surapati no 4, Jakarta Pusat. Selain bersilaturrahmi, acara tersebut juga diisi dengan dialog antara aktivis Angkatan Muda Muhammadiyah dan pihak kedubes AS. Tampil sebagai pembicara kunci adalah Prof. Dr. Bahtiar Effendy.

Bahtiar Effendy dalam sambutannya menjelaskan bahwa menjadi Muslim di Amerika memiliki tantangan tersendiri. Menurut pengalamannya, dia belum pernah menemukan masalah serius dalam hubungan antar agama. Mungkin, pernah ada sedikit masalah persepsi yang salah tentang Islam, terutama setelah tragedi WTC, 9 September 2001. Namun, persepsi itu sekarang sudah bagus kembali. Umat Islam pada umumnya tidak menghadapi masalah untuk menjalankan agamanya di sana.

Sementara itu, Ketua Umum PP. Pemuda Muhammadiyah, Saleh Daulay, mengatakan bahwa kadang-kadang menjadi Muslim terasa lebih enak ketika berada di Amerika. Sebagai contoh, lanjut Saleh, melaksanakan ibadah puasa akan lebih terasa karena dilaksanakan di tengah-tengah komunitas non-Muslim. Apalagi, waktunya terkadang bisa lebih lama yaitu antara jam 4 pagi sampai dengan 9 malam. Selama menuntut ilmu di sana, Saleh merasakan bahwa kebanyakan orang Amerika sangat menghargai perbedaan yang ada.

Selain itu, Saleh menjelaskan bahwa Pemuda Muhammadiyah dalam waktu dekat akan menjalankan kerjasama dengan Kedutaan Besar AS di Jakarta. Program yang akan dilaksanakan adalah program pemberdayaan masyarakat, khususnya dalam bidang interaksi dan relasi sosial.

Dalam konteks itu, Saleh mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh kedutaan besar Amerika Serikat. Tidak lupa Saleh menginformasikan bahwa Pemuda Muhammadiyah juga baru selesai melaksanakan kerjasama dengan Kedutaan Besar Australia di Jakarta.

Kerjasama tersebut dilaksanakan di 5 wilayah ibukota provinsi yaitu Ambon, Palu, Tangerang, Medan, dan Pangkal Pinang. Kerjasama seperti ini diharapkan dapat ditingkatkan di masa yang akan datang. [arp]
 

Read 1281 times
Saleh Daulay

Rumah online Anggota DPR-RI Fraksi PAN. Fight for Justice and Humanity.

Add comment


Security code
Refresh

Kontak

Gedung DPR-RI, Jl. Gatot Subroto, Nusantara I, Lantai 19, Senayan Jakarta.

Email: i[email protected]

DPR Links