Thursday, 02 August 2012 11:57

PEMBANTAIAN MUSLIM ROHINGYA Indonesia Punya Posisi Strategis Tekan Myanmar

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Kamis, 02 Agustus 2012 , 10:50:00 WIB

RMOL. Kondisi muslim etnis Rohingya di Myanmar semakin memprihatinkan. Tragedi kemanusiaan yang mereka alami ini sudah lama menjadi perhatian dunia. Namun sangat disayangkan, sampai hari ini kondisi kondusif dan aman belum dapat diwujudkan di sana.

Sebagai negara berpenduduk mayoritas Muslim terbanyak di dunia, Indonesia dituntut untuk melakukan tindakan-tindakan konkrit dalam menyelamatkan ratusan ribu nyawa para pengungsi itu.

Setidaknya ada 3 langkah yang bisa dilakukan Indonesia. Pertama melakukan diplomasi di dunia internasional untuk menekan pemerintah Myanmar dan junta militernya untuk segera menghentikan semua tindakan kekerasan. Kedua, memberikan bantuan kemanusiaan secara langsung kepada para pengungsi. Ketiga, menampung dan menerima para pengungsi suku Rohingya di Indonesia.

"Kemarin kita dengar pemerintah Indonesia mau memberikan bantuan 1 miliar USD kepada IMF. Bantuan itu kan hanya untuk mengatasi krisis ekonomi. Nah, mengapa Indonesia tidak membantu suku Rohingya yang didera krisis kemanusiaan? Krisis kemanusiaan lebih dharuroh daripada krisis ekonomi," ujar Ketua Komisi Luar Negeri MUI pusat, Saleh P. Daulay,  dalam acara talkshow Peduli Rohingya di MetroTV sesaat lalu.

Selain itu, Saleh juga menilai bahwa pemerintah Indonesia tidak bisa memainkan peran-peran diplomasinya dalam mempengaruhi negara-negara lain. Padahal, Indonesia sekarang ini merupakan negara yang cukup diperhitungkan. Apalagi, pertumbuhan ekonomi Indonesia berada pada urutan ketiga setelah China dan India. Ditambah lagi, Indonesia saat ini dinilai sebagai negara yang berhasil dalam mengembangkan demokrasi.

"Dengan posisi strategis seperti itu, Indonesia semestinya bisa melakukan hal. Apalagi, Indonesia pernah jadi Ketua ASEAN. Tentu banyak aksi nyata yang bisa dilakukan daripada sekedar menyampaikan pernyataan normatif seperti 'menyesalkan' atau 'mengutuk'. Pernyataan itu harus diiringi dengan tindakan," tandasnya. [zul]

Sumber: http://www.rmol.co/read/2012/08/02/73261/Indonesia-Punya-Posisi-Strategis-Tekan-Myanmar-

Read 1295 times Last modified on Friday, 02 November 2012 22:21
Saleh Daulay

Rumah online Anggota DPR-RI Fraksi PAN. Fight for Justice and Humanity.

Add comment


Security code
Refresh

Kontak

Gedung DPR-RI, Jl. Gatot Subroto, Nusantara I, Lantai 19, Senayan Jakarta.

Email: i[email protected]

DPR Links