Friday, 21 September 2012 19:07

Film Innocence of Muslims: Kedutaan AS di Jakarta Harus Membuka Ruang Dialog Featured

Written by 
Rate this item
(0 votes)
Film Innocence of Muslims: Kedutaan AS di Jakarta Harus Membuka Ruang Dialog Foto: antaranews.com

Selasa, 18 September 2012 , 11:57:00 WIB

RMOL. Munculnya gelombang protes dan demonstrasi di depan Kedutaan Amerika Serikat Jakarta kemarin terkait film Innocence of Muslims tentu menimbulkan ketidaknyamanan bagi pihak kedutaan. Oleh karena itu, pihak kedutaan AS didesak segera melakukan cara-cara yang arif dalam meredam gelombang protes dan demontrasi tersebut. Pihak kedutaan AS harus membuka diri untuk berdialog dengan pemimpin-pemimpin Muslim di Indonesia.

"Menurut saya, kedutaan AS bisa melakukan dialog dan pertemuan dengan ormas-ormas Islam. Dalam dialog itu, pihak kedubes AS dapat menyampaikan secara langsung sikap dan posisinya terkait pembuatan film tersebut," ujar Ketua Umum PP. Pemuda Muhammadiyah, Saleh P. Daulay, (Selasa, 18/9).

"Selain itu, pihak Kedubes AS juga dapat menjelaskan langkah-langkah yang dilakukan oleh pemerintahnya dalam menyelesaikan masalah tersebut di negaranya," sambungnya.

Saleh meyakini bahwa para tokoh Islam selalu terbuka untuk melakukan dialog. Melalui jalan ini, setidaknya pihak kedubes AS juga dapat menampung seluruh aspirasi yang disuarakan oleh umat Islam Indonesia. Dialog seperti ini diyakini akan berjalan dengan baik dan minus kekerasan.

"Untuk melakukan dialog, Kedubes AS bisa saja meminta pemerintah Indonesia untuk memfasilitasinya. Semua tokoh-tokoh Islam diundang dan didengarkan tuntutannya. Tuntutan itulah kemudian yang perlu disampaikan ke pihak pemerintah AS di Washington," ungkap jebolan Colorado State University, Amerika Serikat ini.

Hasil dialog tersebut, lanjut Saleh, tentu harus ditindaklanjuti dengan baik. Pemerintah AS tentu sangat cerdas bagaimana menyikapi seluruh tuntutan yang disampaikan. Dengan cara seperti ini, protes dan demonstrasi anarkis dapat dihindari. [zul]

http://www.rmol.co/read/2012/09/18/78442/Kedutaan-AS-di-Jakarta-Harus-Membuka-Ruang-Dialog-

Read 1424 times Last modified on Friday, 21 September 2012 19:20
Saleh Daulay

Rumah online Anggota DPR-RI Fraksi PAN. Fight for Justice and Humanity.

Add comment


Security code
Refresh

Kontak

Gedung DPR-RI, Jl. Gatot Subroto, Nusantara I, Lantai 19, Senayan Jakarta.

Email: i[email protected]

DPR Links