Monday, 15 October 2012 15:07

Tampilkan Kepala Daerah Berprestasi Featured

Written by 
Rate this item
(0 votes)
Tampilkan Kepala Daerah Berprestasi indonesiarayanews.com

Jumat, 12 Oktober 2012 | 23:47 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah kepala daerah yang berprestasi masih kurang dikenal di panggung politik nasional akibat minim publikasi. Karena itu, mereka perlu lebih sering ditampilkan di publik agar bisa dipertimbangkan sebagai alternatif untuk pemimpin nasional pada Pemilu 2014.

Harapan itu disampaikan Ketua Pimpinan Pusat Pemuda (PP) Muhammadiyah, Saleh P Daulay, di Jakarta, Jumat (12/10/2012).   "Media massa perlu lebih berperan dalam menemukan dan memperkenalkan para kepala daerah yang berprestasi. Mereka bisa diwacanakan untuk menjadi pemimpin nasional alternatif," katanya.

Bursa calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) untuk Pemilu 2014 masih didominasi tokoh-tokoh elite partai politik, menteri, atau pejabat publik di Jakarta. Sebagian dari mereka merupakan nama-nama lama dan sebagian cenderung elitis.

Saleh P Daulay mengakui, belum banyak kepala daerah yang muncul sebagai sosok berprestasi luar biasa di daerah. Itu terjadi karena selama ini yang sering ditampilkan justru para kepala daerah yang memiliki prestasi buruk dan terjerat kasus korupsi. Padahal, semestinya ada sejumlah pemimpin daerah yang telah teruji memajukan wilayahnya. "Mereka harus diperkenalkan kepada publik lebih luas di tingkat nasional," katanya.

Para kepala daerah yang berprestasi itu juga bisa memperkenalkan diri mereka sendiri melalui simpul-simpul masyarakat. Civil society dengan seluruh jaringannya bisa menyaring dan memunculkan tokoh-tokoh tersebut.  "Pada saatnya, mereka dapat ditawarkan kepada partai-partai politik, terutama partai-partai yang belum memiliki calon," katanya.

Partai-partai politik hendaknya mau membuka peluang kepada kepala-kepala daerah itu untuk ditampilkan sebagai calon pemimpin nasional alternatif.

Sumber: http://nasional.kompas.com/read/2012/10/12/23474852/Tampilkan.Kepala.Daerah.Berprestasi

Read 1511 times Last modified on Monday, 15 October 2012 15:32
Saleh Daulay

Rumah online Anggota DPR-RI Fraksi PAN. Fight for Justice and Humanity.

Add comment


Security code
Refresh

Kontak

Gedung DPR-RI, Jl. Gatot Subroto, Nusantara I, Lantai 19, Senayan Jakarta.

Email: i[email protected]

DPR Links