Monday, 22 October 2012 08:31

Hanya Satu dari Tiga Isi Sumpah Pemuda yang Masih Konsisten

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Rabu, 17 Oktober 2012 , 23:20:00 WIB

RMOL. Semangat Sumpah Pemuda terasa semakin mengawang-awang dan memudar. Dari tiga substansi materi Sumpah Pemuda tersebut, hanya ada satu yang masih konsisten mampu merekatkan nasionalisme bangsa Indonesia. Sementara dua lainnya dinilai telah mengalami distorsi dari pemaknaan awalnya.

"Dulu para pemuda kita bersumpah, satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa. Dari tiga sumpah itu, hanya bahasa Indonesia yang masih efektif membangun kebersamaan kita sebagai bangsa. Sampai kini, bahasa Indonesia masih memiliki fungsi efektif dalam menjalin hubungan antar suku dan budaya bangsa Indonesia," begitu disampaikan Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah, Saleh Daulay, dalam Diskusi Nasional bertema "Indonesia Hari ini: Perlukah Sumpah Pemuda kedua?" yang diselenggarakan oleh Kosgoro, Rabu malam (17/10) di Jalan Cik Ditiro Jakarta Pusat.

Saleh berpendapat bahwa sumpah untuk bertanah air dan berbangsa satu sekarang ini mengalami ujian yang cukup besar. Fakta menunjukkan bahwa banyak di antara komponen bangsa ini yang merasa tidak menikmati kebersamaan dalam memiliki tanah air kita.

Betapa tidak, ada sekelompok orang yang tergabung dalam suatu koporasi memiliki lahan dua juta hektar. Sementara, ada jutaan anak bangsa yang tidak memiliki lahan untuk pertanian. Ironisnya, banyak juga yang tidak memiliki lahan untuk sekedar pertapakan rumah.

"Sementara sumpah untuk berbangsa satu juga tidak jauh beda. Lihat, misalnya, keinginan beberapa elemen yang ingin memisahkan diri dan juga ingin menerapkan ideologi di luar Pancasila. Fenomena ini tentu sangat jauh dari semangat Sumpah Pemuda," sambungnya.

Di lain pihak, lanjut Saleh, fragmentasi berbagai komponen bangsa ke dalam partai-partai politik semakin menjauhkan mereka dari semangat persatuan. Yang diperjuangkan bukan lagi kesejahteraan bagi semua, tetapi kepentingan kelompok masing-masing. Perdebatan-perdebatan politik lebih banyak terkait urusan sektoral dan temporal. Sementara kepentingan rakyat seakan dinomorduakan. [zul]

Sumber: http://www.rmol.co/read/2012/10/17/82314/Hanya-Satu-dari-Tiga-Isi-Sumpah-Pemuda-yang-Masih-Konsisten-

Read 1369 times
Saleh Daulay

Rumah online Anggota DPR-RI Fraksi PAN. Fight for Justice and Humanity.

Add comment


Security code
Refresh

Kontak

Gedung DPR-RI, Jl. Gatot Subroto, Nusantara I, Lantai 19, Senayan Jakarta.

Email: i[email protected]

DPR Links