Monday, 22 October 2012 08:59

Partai Politik Alami Krisis Kepercayaan Featured

Written by 
Rate this item
(0 votes)
Partai Politik Alami Krisis Kepercayaan Foto: berita.plasa.msn.com

Jumat, 19 Oktober 2012, 13:00 WIB

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah Saleh P Daulay mengatakan partai politik saat ini mengalami krisis kepercayaan dari masyarakat karena penampilan yang tidak memuaskan dalam dunia politik.

"Partai-partai terjebak dalam praktik korupsi. Bila ada satu politisi terlibat kasus korupsi, pasti akan ikut menyeret politisi lain yang bahkan lintas partai," kata Saleh P Daulay di Jakarta, Jumat.

Saleh P Daulay menjadi salah satu pembicara dalam talkshow DPD RI berjudul "Perspektif Indonesia "Adu Figur atau Adu Figur?" yang diadakan di ruang pers DPD RI.

Karena banyaknya kasus korupsi yang melibatkan politisi, kata Saleh, masyarakat menjadi antipati terhadap partai politik. Menurut salah satu hasil survei, setengah rakyat Indonesia sudah tidak percaya dengan parpol.

"Tetapi untuk membubarkan partai politik juga tidak bisa begitu saja. Sebab, partai politik merupakan alat regenerasi kepemimpinan dan dilindungi undang-undang," katanya.

Namun, realitas yang menyebutkan bahwa masyarakat sudah tidak percaya seharusnya membuat partai politik berkaca dan memperbaiki diri.

Di tengah ketidakpercayaan masyarakat terhadap partai politik, Saleh mengatakan kepercayaan terhadap figur memang semakin meningkat.

"Indonesia memerlukan figur pemimpin yang bisa membawa perubahan. Namun, sejauh ini masyarakat Indonesia terkesan lebih percaya dengan figur yang terzalimi," katanya.

Dia mencontohkan figur Susilo Bambang Yudhoyono yang sempat terzalimi ketika menjabat sebagai salah satu menteri dalam kabinet. Karena terzalimi, justru dukungan rakyat kepadanya meningkat.

"Karena itu, kalau ingin populer dan mendapat dukungan publik dalam politik, jadilah orang yang terzalimi, tetapi jangan menzalimi orang lain," katanya.

Sumber: http://www.republika.co.id/berita/nasional/politik/12/10/19/mc4m1a-partai-politik-alami-krisis-kepercayaan

Read 1462 times
Saleh Daulay

Rumah online Anggota DPR-RI Fraksi PAN. Fight for Justice and Humanity.

Add comment


Security code
Refresh

Kontak

Gedung DPR-RI, Jl. Gatot Subroto, Nusantara I, Lantai 19, Senayan Jakarta.

Email: i[email protected]

DPR Links