Monday, 22 October 2012 17:13

Pemuda Muhammadiyah Usulkan Jajak Pendapat bagi Perwira Polri Featured

Written by 
Rate this item
(0 votes)
Pemuda Muhammadiyah Usulkan Jajak Pendapat bagi Perwira Polri Foto: liputan-kota.com

Monday, 22 October 2012 14:45

itoday - Perlu adanya jajak pendapat dari masyarakat untuk menilai prestasi dari perwira kepolisian. Jajak pendapat itu menjadi bahan pertimbangan dalam promosi jabatan para perwira polisi.

Demikian dikatakan Ketua Umum Pengurus Pusat Pemuda Muhammadiyah, Saleh Daulay di Jakarta, Senin (22/10).

Menurut Saleh, jajak pendapat tentang jejak rekam pengabdian perwira polisi, penting dilakukan, untuk mendapatkan perwira yang benar-benar pengayom masyarakat, selama karirnya.

"Saya kira ini harus jadi landasan utama untuk memberikan penilaian kepada para perwira polisi," ujarnya

Kata Saleh, kalau semata melihat dari sisi skill dan kemampuan  yang terkait dengan kepolisian, hal itu agak sulit jadi ukuran. Sebab semua polisi dibekali dengan ilmu yang sama. Karena itu, pengabdian mereka di ditengah masyarakatlah yang bisa dijadikan sebagai acuan objektifnya.

"Untuk menjaga objektivitas itu, sebaiknya dilakukan juga jajak pendapat di tengah masyarakat. Jajak pendapat itu tentu dilakukan di tempat dimana perwira tersebut pernah ditugaskan. Saya yakin, masyarakat akan memberikan jawaban objektif tentang masalah ini," tuturnya.

Saleh menambahkan, nantinya  hasil jajak pendapat objektif seperti itu, dapat dijadikan sebagai acuan untuk mempromosikan seorang perwira polisi ke jenjang berikutnya. Jajak pendapat seperti ini juga menjadi penting untuk menghindari adanya kolusi dan nepotisme dalam setiap promosi jabatan di lingkungan kepolisian.

"Melalui pendapat yang objektif seperti ini diharapkan akan lahir perwira-perwira yang mampu membawa perubahan substansial di instansi kepolisian," ujar Saleh.

Karena kata dia, saat ini, masyarakat merindukan lahirnya sosok-sosok polisi seperti Hoegeng Imam Santoso. Polisi yang benar-benar lahir dari masyarakat dan mengabdi untuk masyarakat. Instansi kepolisian juga membutuhkan figur-figur yang bisa dijadikan sebagai panutan bagi polisi-polisi lainnya.

"Untuk mendapatkan polisi seperti Pak Hoegeng, harus dimulai dari pola rekruitmen, pendidikan, promosi jabatan, dan pemberian apresiasi dan penghargaan. Tentu dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk melakukan hal tersebut. Tetapi, kalau tidak dimulai dari sekarang, tentu agak sulit untuk melakukannya," urainya.

Sumber: http://www.itoday.co.id/politik/pemuda-muhammadiyah-usulkan-jajak-pendapat-bagi-perwira-polri

Read 1293 times
Saleh Daulay

Rumah online Anggota DPR-RI Fraksi PAN. Fight for Justice and Humanity.

Add comment


Security code
Refresh

Kontak

Gedung DPR-RI, Jl. Gatot Subroto, Nusantara I, Lantai 19, Senayan Jakarta.

Email: i[email protected]

DPR Links