Friday, 02 November 2012 21:42

Muhammadiyah: Nilai-Nilai Sumpah Pemuda Makin Terkikis

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Minggu, 28 Oktober 2012 | 13:38

Pemuda Muhammadiyah menilai kini terjadi penyimpangan terhadap perjanjian luhur Sumpah Pemuda saat ini dengan maraknya aksi intoleransi.

Menurut mereka, yang masih tersisa dari sumpah Pemuda itu hanya semangat memiliki bahasa Indonesia, sementara semangat kebangsaan dan satu tanah air semakin terkikis dengan adanya aksi-aksi terorisme dan intoleransi yang melibatkan pemuda.

"Pemuda Muhammadiyah melihat terjadi penyimpangan terhadap ketiga  perjanjian luhur itu," kata Ketua Umum Pemuda PP Muhammadiyah Saleh Daulay melalui rilis dalam rangka hari Sumpah Pemuda, hari ini.

Apalagi, menurut Saleh, saat ini komponen masyarakat sudah ada yang merasa  tidak lagi memiliki Indonesia sebagai tanah air karena misalnya rakyat  bahkan tak lagi memiliki lahan pertanian karena telah dikuasai oleh  korporasi.

"Ada satu atau dua korporasi yang memiliki lahan lebih dari dua juta  hektar, mereka merasa paling memiliki tanah air ini dan semua akses terhadap penguasaan tanah dan modal dengan mudah mereka peroleh," kata dia lagi.

Oleh karena itu, Pemuda Muhammadiyah menilai pentingnya kontekstualisasi  Sumpah Pemuda saat ini. Hal tersebut bisa dicapai dengan memberikan  keadilan dan kesempatan bagi pemuda untuk mencari sumber penghidupan.

"Kesempatan untuk memiliki tanah dan sumber penghidupan harus dibuka  secara adil, semua komponen bangsa harus diberi kesempatan untuk menikmati kue pembangunan," kata dia.

Para pemuda harus dipandang sebagai pelanjut estafet kepemimpinan masa  depan sehingga diberikan akses terhadap pendidikan, kepemilikan tanah,  modal, dan juga di ranah sosial politik.

Dia mengatakan, para pemimpin sudah saatnya pula membuka ruang bagi tampilnya kaum muda di pentas politik nasional.

Sumber: http://www.beritasatu.com/mobile/nasional/80001-muhammadiyah-nilai-nilai-sumpah-pemuda-makin-terkikis.html

Read 4937 times
Saleh Daulay

Rumah online Anggota DPR-RI Fraksi PAN. Fight for Justice and Humanity.

Add comment


Security code
Refresh

Kontak

Gedung DPR-RI, Jl. Gatot Subroto, Nusantara I, Lantai 19, Senayan Jakarta.

Email: i[email protected]

DPR Links