Monday, 19 November 2012 09:14

TKW diperkosa lapor politisi Malaysia

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Rabu, 14 November 2012 14:17 WIB

Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah Saleh P Daulay mengatakan masyarakat Indonesia mengetahui dugaan pemerkosaan tenaga kerja wanita (TKW) oleh anggota Polisi Diraja Malaysia setelah pekerja itu melapor ke politisi Partai Barisan Nasional.

"Jadi setelah kejadian perkosaan, TKW itu melapor kepada Lau Chiek Tuan, Koordinator Barisan Nasional di Bukit Mertajam. Politisi itulah yang membawa TKW tersebut melapor ke polisi," kata Saleh P Daulay dihubungi dari Jakarta, Rabu.

Saleh mengatakan mendapatkan informasi dan kronologis kejadian pemerkosaan itu setelah bertemu Duta Besar Malaysia untuk Indonesia Dato Syed Munshe Afdzaruddin Syed Hassan Selasa malam.

Menurut dia, Dubes Malaysia mengatakan pemerintahnya tidak akan menutup-nutupi kejadian itu. Sebagai buktinya, publik Indonesia justru tahu pemerkosaan itu setelah diungkap politisi dari partai penguasa di Malaysia.

"Dubes Malaysia menganggap kejadian itu telah mencoreng institusi Polisi Diraja Malaysia dan pemerintah Malaysia. Karena itu, dia berjanji tiga polisi yang diduga memperkosa TKW itu akan diproses sesuai hukum yang berlaku di Malaysia," katanya.

Menurut Dubes Malaysia, kata Saleh, pelaku perkosaan diancam undang-undang Penal Code 376 dengan ancaman enam hingga 20 tahun dan hukuman cambuk.

Karena tindak pemerkosaan itu dilakukan oleh anggota Polisi Diraja Malaysia, Dubes Malaysia mengatakan maka dianggap sebagai "special case" sehingga prosesnya akan dipercepat.

Tiga polisi Diraja Malaysia telah memperkosa seorang TKW, sebut saja namanya Miranti, asal Batang, Jawa Tengah, di Bukit Mertajam, Pulau Penang, Malaysia pada Jumat pagi.

Tiga Polisi Diraja Malaysia yang telah memperkosa Miranti adalah Nik Sin Mat Lazin (33) yang telah bertugas di kepolisian Malaysia 13 tahun, Syahiran Ramli (21) dengan masa pengabdian dua tahun satu bulan, dan Remy Anak Dana (25) yang melalui masa tugasnya satu tahun dua bulan.
(D018/A011)

Editor: Ella Syafputri

Read 1389 times
Saleh Daulay

Rumah online Anggota DPR-RI Fraksi PAN. Fight for Justice and Humanity.

Add comment


Security code
Refresh

Kontak

Gedung DPR-RI, Jl. Gatot Subroto, Nusantara I, Lantai 19, Senayan Jakarta.

Email: i[email protected]

DPR Links