Saturday, 01 December 2012 09:36

(Duet Megawati - JK) 'Ini Hambatan Buat Ical dan Golkar'

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Senin, 26 November 2012, 09:36 WIB

INILAH.COM, Jakarta - Calon Presiden (capres) dari Partai Golkar Aburizal Bakrie nampaknya akan semakin susah untuk menjadi RI-1 pada 2014.

Kondisi ini mengingat semakin kuatnya wacana untuk menduetkan Megawati Soekarnoputri dengan M.Jusuf Kalla sebagai capres-cawapres 2014.

JK adalah mantan Ketua Umum Partai Golkar sebelum Ical. Diyakini, JK masih memiliki pendukung setia di Partai Golkar. Apalagi, basis JK sebagai perwakilan Indonesia timur, hingga kini masih melekat.

"Bagaimana pun ini akan tetap jadi hambatan cukup serius bagi Ical (Aburizal Bakrie). Sebagai mantan ketum Golkar, JK masih punya jaringan yang cukup kuat di daerah-daerah," papar pengamat politik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Saleh Daulay saat dihubungi INILAH.COM, Senin (26/11/2012).

Saleh, yang juga Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah, ini mengatakan, duet Megawati-JK cukup memberi efek yang besar. Keduanya, selain elektabilitas yang tinggi, juga memiliki kekuatan-kekuatan lain yang bisa dimanfaatkan untuk pemenangan.

"Ada dua kekuatan yang menopang pasangan ini. Pertama, kekuatan PDIP yang sangat solid. Kedua, kekuatan JK dengan jaringan yang masih dimilikinya di daerah-daerah," terang Saleh.

Keinginan masyarakat untuk mendapatkan pemimpin yang cepat tanggap, juga sudah dimiliki kedua pasangan ini. Baginya, sosok JK adalah icon bahwa pemimpin harus cepat dan tanggap dalam menghadapi masalah.

"Performance JK yang sangat taktis dan cepat dalam menyelesaikan masalah yang ada masih cukup segar pada ingatan masyarakat," katanya.

Sebelumnya, beredar kabar jika PDIP tengah serius menyiapkan duet pasangan Mega-JK di pilpres 2014. Saat ini masih dilakukan konsolidasi-konsolidasi politik.

Megawati dan JK pernah bersama ketika Megawati menjadi presiden. Saat itu, JK adalah Menko Perekonomian. Lalu keduanya bersaing pada 2004, saat JK menjadi cawapres dari SBY. Pada 2009, JK yang berpasangan dengan Wiranto juga bersaing dengan Megawati. [gus]

Sumber: http://m.inilah.com/read/detail/1930628/ini-hambatan-buat-ical-dan-golkar
 

Read 1323 times Last modified on Saturday, 01 December 2012 09:53
Saleh Daulay

Rumah online Anggota DPR-RI Fraksi PAN. Fight for Justice and Humanity.

Add comment


Security code
Refresh

Kontak

Gedung DPR-RI, Jl. Gatot Subroto, Nusantara I, Lantai 19, Senayan Jakarta.

Email: i[email protected]

DPR Links