Sunday, 09 December 2012 06:50

Saleh: Capres Alternatif Harus Dekati Pimpinan Parpol Featured

Written by 
Rate this item
(0 votes)
Saleh: Capres Alternatif Harus Dekati Pimpinan Parpol Foto: berita99.com

Jakarta, (ANTARA) - Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah Saleh Partaonan Daulay menyarankan figur-figur bakal calon presiden alternatif yang namanya muncul dalam beberapa survei untuk  mendekati pimpinan sejumlah partai politik.

"Dalam suasana seperti ini, saya khawatir niat baik lembaga-lembaga survei akan kandas jika figur calon presiden alternatif itu tidak didukung partai politik," kata Saleh Partaonan Daulay dihubungi di Jakarta, Selasa.

Karena itu, pengajar UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta itu menyarankan agar di samping cari popularitas, maka bakal capres-capres alternatif itu juga berusaha keras untuk mengambil hati pimpinan partai politik.


Harapannya, mereka diberikan dukungan dan kesempatan untuk ikut bertarung pada Pemilihan Presiden 2014. Minimal, partai-partai politik yang ada di DPR bisa mengubah persyaratan mengajukan calon presiden.

Dia menilai lembaga-lembaga survei memiliki niat baik dengan mengumumkan sejumlah nama sebagai figur calon presiden alternatif. Namun, dia mengatakan ada masalah terhadap nama-nama itu,yaitu, sebagian besar bukanlah figur-figur partai politik.

Dia tidak yakin bila nama-nama yang muncul sebagai figur calon presiden alternatif akan didukung partai politik, sebab, undang-undang mengamanatkan dukungan partai politik terhadap figur yang maju dalam pemilihan presiden. "Undang-undang mengamanatkan bahwa setiap pasangan calon presiden dan calon wakil presiden harus didukung minimal 20 persen jumlah kursi di parlemen atau 25 persen dari total suara yang diperoleh partai politik," katanya.

Lembaga Survei Indonesia (LSI) telah mengumumkan hasil jajak pendapat terhadap 223 "opinion leader" yang berpendidikan doktor. Mereka menilai sejumlah calon alternatif lebih layak untuk dipilih menjadi calon presiden.

Beberapa nama yang diunggulkan adalah Mahfud MD, Jusuf Kalla, Dahlan Iskan, Sri Mulyani Indrawati, dan Agus Martowardodjo. Sementara nama pemimpin partai yang muncul adalah Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri yang berada di posisi enam. (*/sun)

Sumber: http://www.antarasumbar.com/berita/nasional/d/0/259680/saleh-capres-alternatif-harus-dekati-pimpinan-parpol.html

Read 1359 times Last modified on Sunday, 09 December 2012 07:28
Saleh Daulay

Rumah online Anggota DPR-RI Fraksi PAN. Fight for Justice and Humanity.

Add comment


Security code
Refresh

Kontak

Gedung DPR-RI, Jl. Gatot Subroto, Nusantara I, Lantai 19, Senayan Jakarta.

Email: i[email protected]

DPR Links