Monday, 10 December 2012 23:54

Ketum Pemuda Muhammadiyah Luncurkan Indonesian Election Watch

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Senin, 10 Desember 2012 , 15:52:00 WIB

RMOL. Pemilu dan demokrasi di Indonesia harus ditingkatkan kualitasnya. Oleh karena itu, partai-partai politik dan penyelenggara Pemilu harus diawasi sehingga mampu menghasilkan para pemimpin berkualitas.

Untuk itu, diperlukan pemantau-pemantau independen di luar partai politik dan penyelenggara Pemilu.

Demikian disampaikan Ketua Umum PP. Pemuda Muhammadiyah, Saleh Daulay saat launching dan pengukuhan relawan Indonesian Election Watch (IEW) di Hotel Sahid, Surabaya Minggu (9/12).

"Pemantau-pemantau independen ini sudah sangat tepat bila diperankan oleh ormas-ormas yang independen, berpengalaman, dan memiliki jaringan yang cukup kuat di masyarakat," jelasnya.

"Dalam kontek itulah, saya sangat bangga atas inisiatif kawan-kawan Pemuda Muhammadiyah Jawa Timur yang membentuk IEW ini. Saya yakin, lembaga ini dapat dijadikan sebagai garda terdepan dalam mengawal transisi demokrasi di Indonesia, khususnya di Jawa Timur," sambung Saleh.

Inisiatif Pemuda Muhammadiyah Jawa Timur ini, lanjut Saleh, diharapkan akan diikuti oleh aktivis-aktivis Pemuda Muhammadiyah di seluruh wilayah Indonesia. Dengan demikian, peran dan partisipasi Pemuda Muhammadiyah dalam kehidupan berbangsa akan semakin dirasakan oleh masyarakat.

"Tugas ini adalah tugas mulia. Di saat orang-orang berlomba-lomba memperebutkan kekuasaan melalui jalur politik, Pemuda Muhammadiyah masih berpikir untuk menempatkan sebagian kader-kadernya untuk menjadi pemantau independen. Ini adalah salah satu bagian advokasi publik yang secara tidak langsung bersentuhan dengan kepentingan masyarakat."

Selain melaunching IEW, Saleh Daulay hadir di Surabaya juga untuk menjadi pembicara kunci dalam seminar nasional yang digagas Pemuda Muhammadiyah Jawa Timur.

Seminar yang mengambil tema "Revitalisasi peran ormas pemuda dalam Harmonisasi Kebangsaan dalam Bingkai NKRI" diikuti 350 peserta yang berasal dari seluruh kabupaten/kota se-Jawa Timur.

Rekomendasi seminar tersebut selanjutnya akan diserahkan ke pemerintah Jawa Timur dengan harapan dapat diimplementasikan dalam membangun kualitas para pemuda di Jawa Timur.  [zul]

Sumber: http://m.rmol.co/news.php?id=89251

Read 1717 times
Saleh Daulay

Rumah online Anggota DPR-RI Fraksi PAN. Fight for Justice and Humanity.

Add comment


Security code
Refresh

Kontak

Gedung DPR-RI, Jl. Gatot Subroto, Nusantara I, Lantai 19, Senayan Jakarta.

Email: i[email protected]

DPR Links