Monday, 10 December 2012 23:58

Figur Muda Partai Perlu Diuji Kemampuannya Featured

Written by 
Rate this item
(0 votes)
Figur Muda Partai Perlu Diuji Kemampuannya Ilustrasi: investor.co.id

Senin, 10 Desember 2012 | 8:28

[JAKARTA] Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah, Saleh Partaonan Daulay mengatakan, kader muda partai politik yang disebutkan berpeluang menjadi calon presiden alternatif dalam sebuah survei masih perlu diuji.

"Nama-nama yang disebutkan dalam survei masih perlu diuji apakah mereka sudah layak dan mampu menjadi pemimpin 240 juta rakyat Indonesia," kata Saleh Partaonan Daulay di Jakarta, Minggu (9/12).

Pengajar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta itu mengatakan permasalahan yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini sangat kompleks mulai dari kemajemukan, persoalan ekonomi, pendidikan, hingga pembangunan yang belum berjalan secara terpadu dan menyeluruh.

Karena itu, kata dia, disamping mempertimbangkan dukungan partai politik, sudah semestinya juga memperhatikan kapasitas dan integritas calon presiden dan calon wakil presiden yang akan diusung.

"Lihat saja misalnya pada periode ini, isu-isu politik lebih dominan di media dibandingkan isu-isu pemberdayaan masyarakat dan pengentasan kemiskinan," tuturnya.

Menurut dia, kapasitas, integritas, dan moralitas seorang pemimpin harus dikedepankan. Selain itu, pengalaman juga perlu dipertimbangkan.

"Mengurus Indonesia tidaklah semudah mengurus Singapura dan Malaysia. Karena itu dibutuhkan pemimpin yang kuat secara politik dan cerdas secara intelektual," ucapnya.

Sebelumnya, Indonesia Survei Institute (INSIS) mempublikasikan hasil surveinya dan menyatakan empat tokoh muda dari partai politik berpeluang menjadi calon presiden alternatif.

Hasil survei INSIS menyebutkan empat tokoh yang memiliki elektabilitas tertinggi di masyarakat adalah Pramono Anung (Wakil Ketua DPR dari PDI Perjuangan), Priyo Budi Santoso (Wakil Ketua DPR dari Partai Golkar), Hidayat Nur Wahid (Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera DPR), dan Puan Maharani (Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPR).

Keempat tokoh tersebut secara elektabilitas, akseptabilitas, maupun popularitas berada di posisi teratas dibandingkan tokoh muda partai politik lainnya. [Ant/L-8]

Sumber: http://www.suarapembaruan.com/home/figur-muda-partai-perlu-diuji-kemampuannya/28005

Read 1423 times Last modified on Tuesday, 11 December 2012 00:29
Saleh Daulay

Rumah online Anggota DPR-RI Fraksi PAN. Fight for Justice and Humanity.

Add comment


Security code
Refresh

Kontak

Gedung DPR-RI, Jl. Gatot Subroto, Nusantara I, Lantai 19, Senayan Jakarta.

Email: i[email protected]

DPR Links