Wednesday, 26 December 2012 10:17

MUI-Liga Islam Dunia Teken MoU Peningkatan Kualitas Muslim Indonesia

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Rabu, 26/12/2012 03:30 WIB

Jakarta - Majelis Ulama Indonesia (MUI) bersama Rabithah Alam Islami (Liga Islam Dunia) menandatangani nota kesepahaman kerjasama dalam pemberdayaan masyarakat Islam. Kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas masyarakat muslim Indonesia.

"Kerjasama ini dinilai penting karena dapat berpartisipasi dalam mengembangkan kualitas masyarakat Muslim Indonesia," ujar Ketua Komisi Luar Negeri MUI Pusat, Saleh Daulay dalam rilis yang diterima detikcom, Selasa (25/12/2012).

Saleh mengatakan berbagai program yang akan dilaksanakan dengan adanya kerjasama ini antara lain program pendidikan, ekonomi, pertukaran kunjungan, peningkatan kualitas dai, pemberian beasiswa kepada pelajar Indonesia, dan pemberdayaan perempuan. Untuk melaksanakan program-program terebut, MUI berencana menggandeng ormas-ormas Islam.

"Bagi MUI, kerjasama ini dapat dijadikan sebagai sandaran untuk melibatkan ormas-ormas Islam lain dalam pelaksanaan program-program yang disepakati," tutur Saleh.

Saleh juga mengatakan kerjasama tersebut, sebenarnya tidak terpaku pada bidang-bidang di atas. Tetapi bisa diperluas dalam bidang-bidang lain sesuai dengan kebutuhan kedua belah pihak.

"Kerjasama dengan Rabithah Alam Islami sebenarnya bukan hanya dilakukan sekarang. Sudah berjalan sejak beberapa tahun lalu. Namun kali ini, kerjasama itu dituangkan dalam bentuk MoU. Dengan begitu, masing-masing pihak mempunyai tanggung jawab untuk merealisasikannya," imbuhnya.

Penandatanganan nota kesepahaman tersebut berlangsung di Kantor Pusat MUI, Jl Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat. Penandatanganan dilakukan secara langsung oleh Sekjen Rabithah Alam Islami, Syekh Dr Abdullah bin Abdul Mukhsin Al Turki yang didampingi oleh Duta Besar Arab Saudi, Mustafa Ibrahim A Mubarak. Sementara dari pihak MUI ditandatangani oleh KH Ma'ruf Amin yang didampingi oleh sejumlah pengurus MUI pusat antara lain Ichwan Syam (Sekjend MUI), KH Muhyiddin Junaidi, KH Yunahar Ilyas, KH Anwar Abbas, Prof Chuzaiman T Yanggo, Dr Saleh P Daulay, dan Prof Amani Lubis.

Rabithah Alam Islami adalah organisasi Islam internasional yang berdiri di Makkah Saudi Arabia pada 18 Mei 1962. PBB mengelompokkanya sebagai organisasi non pemerintah, termasuk anggota UNESCO serta anggota pengamat OKI.

Sumber: http://news.detik.com/read/2012/12/26/033051/2126517/10/mui-liga-islam-dunia-teken-mou-peningkatan-kualitas-muslim-indonesia?9911012

Read 1335 times
Saleh Daulay

Rumah online Anggota DPR-RI Fraksi PAN. Fight for Justice and Humanity.

Add comment


Security code
Refresh

Kontak

Gedung DPR-RI, Jl. Gatot Subroto, Nusantara I, Lantai 19, Senayan Jakarta.

Email: i[email protected]

DPR Links