Friday, 01 February 2013 13:09

Ada Dua Implikasi Penahanan Presiden PKS

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Jumat, 1 Februari 2013 | 5:18

[JAKARTA] Pakar politik Saleh Partaonan Daulay menyayangkan penetapan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Luthfi Hasan Ishaaq sebagai tersangka kasus suap daging sapi impor oleh Komisi Pemberantasan Korupsi.

"Ironis karena pagi hari sebelumnya salah seorang petinggi PKS masih memberikan pernyataan di media bahwa partainya bersih. Namun, beberapa jam kemudian, presiden partai itu malah dinyatakan sebagai tersangka suap oleh KPK," kata Saleh Partaonan Daulay ketika dihubungi di Jakarta, Kamis (31/1).

Pengajar FISIP UIN Syarif Hidayatullah Jakarta itu mengatakan, penetapan tersangka dan penangkapan Luthfi Hasan Ishaaq itu akan memiliki dua implikasi.

Pertama, kalau terbukti menerima suap, PKS tidak bisa lagi mengklaim dirinya sebagai partai bersih. Keterlibatan ketua umumnya dalam kasus ini secara langsung mendegradasi kepercayaan masyarakat terhadap PKS.

"Jangankan ketua umum, anggota biasa yang korupsi saja bisa memancing kemarahan masyarakat. Ini kan yang terlibat langsung ketua umumnya," tutur Saleh.

Karena itu, pada Pemilu 2014 dia memperkirakan PKS akan mengalami penurunan suara yang signifikan. Para pemilih primordialnya diyakini tidak akan terlalu militan seperti sebelumnya.

Apalagi, kata Saleh, hampir semua kader dan jamaah PKS adalah masyarakat terpelajar. Tanpa dimobilisasi, mereka bisa secara mandiri memberikan penilaian terhadap PKS.

Implikasi kedua dari kejadian itu, kata Saleh, secara tidak langsung akan muncul sikap skeptis terhadap partai-partai Islam. Harapan bahwa partai Islam bisa lebih baik, akan sirna.

Pada akhirnya, terbangun kesadaran kolektif bahwa semua partai itu sama. Pada titik ini, tidak hanya PKS yang dirugikan, tetapi juga partai Islam lainnya.

"Yang berbahaya adalah jika masyarakat menilai bahwa partai-partai itu hanya 'menjual' Islam. Sementara, perilaku dan perjuangan politiknya jauh dari nilai-nilai keislaman," ujarnya. [Ant/L-8]

Sumber: http://www.suarapembaruan.com/politikdanhukum/ada-dua-implikasi-penahanan-presiden-pks/30034

Read 1302 times
Saleh Daulay

Rumah online Anggota DPR-RI Fraksi PAN. Fight for Justice and Humanity.

Add comment


Security code
Refresh

Kontak

Gedung DPR-RI, Jl. Gatot Subroto, Nusantara I, Lantai 19, Senayan Jakarta.

Email: i[email protected]

DPR Links