Friday, 07 June 2013 14:28

Pengamat: Mahfud MD Sulit Diusung Parpol Besar

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Sabtu, 18-05-2013 14:38

JAKARTA, PESATNEWS- Mantan Ketua Mahkamah Konsitusi (MK), Mahfud MD sudah menyatakan diri bersedia maju dalam pemilihan presiden (pilpres) 2014. Bahkan, Mahfud mengklaim bahwa sudah ada partai politik (parpol) besar yang mengusung dirinya menuju tangga RI. Namun, sampai saat ini Mahfud MD enggan mengungkap parpol besar mana yang bersedia mengusung ia menjadi capresnya.

Pengamat Politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Saleh Partaonan Daulay mengatakan sulit untuk memprediksi partai yang akan mengusung Mahfud MD sebagai capres. Pasalnya, sejauh ini partai-partai besar sudah memiliki capresnya masing-masing.

"Peluang pak Mahfud mungkin masih ada bila mengikuti konvensi-konvensi partai yang dilakukan. Kita mendengar partai demokrat akan melakukan konvensi, begitu juga PPP. Mungkin ada partai lainnya. Bila menang dalam konvensi itu, peluang pak Mahfudh tentu masih terbuka," ujar Saleh saat dihubungi wartawan, Sabtu (18/5/2013).

Dia mengingatkan, konvensi capres seperti yang dilakukan Demokrat dan PPP, akan diikuti oleh para kandidat lainnya. Dengan begitu, kompetisi tetap ada dan mungkin ketat. "Walau demikian, bila pak Mahfudh mengklaim ada partai yang akan mengusungnya, ya tentu lebih baik ditanyakan kepada beliau saja," katanya.

Peneliti Senior dari Indonesian Public Institute (IPI), Karyono Wibowo menambahkan peluang Mahfud untuk maju sebagai capres tetap ada, meskipun kecil. Namun, kata dia, posisi Cawapres lebih tepat dan  berpeluang besar diusung parpol besar.

"Soal partai besar yang disebut Mahfud, yang tahu hanya Mahfud. Mahfud bisa ikut konvensi partai demokrat dan PPP, meskipun peluangnya kecil untuk menang di konvensi Partai Demokrat," kata Karyono.

Mantan peneliti Lingkaran Survei Indonesia ini juga mengingatkan, Mahfud MD harus siap kecewa apabila ia benar-benar maju dalam konvensi capres demokrat karena bila pada akhirnya konvensi PD tergantung siapa yang akan didukung SBY. "Boleh jadi Pramono Edhi Wibowo, adik ipar SBY dan Gita Wiryawan yang lebih berpeluang didukung SBY," ungkapnya.

Sebelumnya, Mahfud mengaku sudah mendapatkan kendaraan politik.

"Saya siap maju menjadi capres di tahun 2014 karena didukung partai besar," katanya di Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG), Minggu, (5/5/2013).

Siapa partai politik itu, Mahfud tidak mau menyebut. Mahfud sendiri sudah diminta Ketua Umum DPP Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono untuk maju dikonvensi PD. PPP juga sudah melirik Mahfud sebagai salah satu kandidatnya.

Keseriusan maju ini juga ditunjukkan Mahfud melalui didukungan sejumlah tokoh masyarakat seperti Hasyim Muzadi dan mantan menteri otonomi daerah Riyas Rasyid.

"Teman-teman telah meminta saya, tidak boleh tidak siap. Saya harus bilang siap," ujarnya.[ ]

Sumber: www.pesatnews.com

Read 1559 times
Saleh Daulay

Rumah online Anggota DPR-RI Fraksi PAN. Fight for Justice and Humanity.

Add comment


Security code
Refresh

Kontak

Gedung DPR-RI, Jl. Gatot Subroto, Nusantara I, Lantai 19, Senayan Jakarta.

Email: i[email protected]

DPR Links