Friday, 07 June 2013 14:33

Penunjukan Chatib Basri sebagai menkeu dinilai tepat

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Senin, 20 Mei 2013 18:42 WIB

Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah Saleh Partaonan Daulay mengatakan penunjukan kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) sebagai Menteri Keuangan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono merupakan pilihan tepat.

"Terlepas dari kontroversi yang mungkin akan muncul atas penunjukan Chatib Basri menjadi Menkeu, penunjukkan itu sangat tepat. Posisi Menkeu dalam kabinet sangat strategis. Karena itu, posisi tersebut tidak boleh kosong terlalu lama," kata Saleh Partaonan Daulay saat dihubungi di Jakarta, Senin.

Saleh mengatakan Chatib Basri merupakan ekonomi yang tidak berafiliasi dengan partai politik tertentu. Menurut dia, jika Presiden menunjuk Menkeu dari kalangan yang berafiliasi dengan partai, dikhawatirkan terjadi bias kepentingan.

Bila Menkeu yang ditunjuk berafiliasi dengan partai politik, bisa saja orang akan beranggapan Menkeu tersebut bekerja untuk mencari dana bagi partai untuk kepentingan pemilu.

"Penunjukan Chatib Basri sebagai Menkeu juga menjawab kritik kepada Menko Perekonomian Hatta Rajasa yang menjadi Menkeu ad-interim yang diduga akan menjabat sampai akhir masa jabatan," tuturnya.

Saleh mengatakan kritik dan dugaan itu menjadi tidak faktual dan terbukti tidak benar. Presiden telah membuktikan dengan mengisi posisi Menkeu dari kalangan profesional melalui penunjukan Chatib Basri.

Sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono secara resmi menunjuk Kepala BKPM Chatib Basri menjadi Menteri Keuangan setelah menjalani uji kepatutan dan kelayakan di Kantor Presiden Jakarta, Senin.

Presiden didampingi Menteri Sekretaris Negara, Sudi Silalahi sebelumnya melakukan uji kepatutan dan kelayakan terhadap Chatib.

Presiden dijadwalkan melantik Muhammad Chatib Basri sebagai menteri keuangan yang baru menggantikan Agus Martowardojo pada Selasa (21/5).

Dalam keterangan pers di Kantor Presiden Jakarta, Senin siang, Kepala Negara mengatakan dengan pertimbangan sejumlah aspek maka Chatib Basri dinilai cocok mengisi posisi menteri keuangan.

"Dengan mempertimbangkan berbagai aspek saya memberikan kepercayaan dan penugasan kepada DR Muhammad Chatib Basri untuk menjadi Menkeu yang baru. Atas pengalaman dan dedikasinya, saya memandang Dr Chatib cakap dan bisa menjadi Menkeu," kata Presiden. (D018)

Sumber: www.antaranews.com

Read 1214 times
Saleh Daulay

Rumah online Anggota DPR-RI Fraksi PAN. Fight for Justice and Humanity.

Add comment


Security code
Refresh

Kontak

Gedung DPR-RI, Jl. Gatot Subroto, Nusantara I, Lantai 19, Senayan Jakarta.

Email: i[email protected]

DPR Links