Sunday, 14 July 2013 15:28

Pemerintah Jangan Batasi Usia Jamaah Haji

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Juni, 15 2013

Jakarta – Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah Saleh Partaonan Daulay mengatakan pemerintah tidak bisa membatasi usia calon jamaah haji. Saleh mengungkapkan hal itu akan menghalangi umat Islam menjalankan kewajiban agama.

“Haji adalah rukun Islam kelima yang wajib dilaksanakan oleh mereka yang mampu. Jika dibatasi usia, maka akan banyak umat Islam Indonesia yang tidak bisa melaksanakan kewajiban itu,” katanya di Jakarta, Sabtu (15/6).

Saleh mengatakan masih banyak umat Islam di Indonesia yang baru mampu melaksanakan ibadah haji setelah usia senja. Apabila pelaksanaan haji dibatasi usia, maka mereka yang berusia senja dan belum pernah berhaji akan kehilangan kesempatan melaksanakan kewajibannya.

Menurut Saleh, usia juga bukan ukuran untuk menentukan sukses tidaknya pelaksanaan haji seseorang. Ada banyak orang yang lanjut usia yang memiliki kesehatan prima sehingga mampu melaksanakan semua prosesi haji secara baik.

“Sebaliknya, ada juga jamaah haji yang usianya muda tetapi kurang sehat. Kondisi itu akan menyulitkan untuk melaksanakan semua rukun dan wajib haji,” tutur Ketua Komisi Luar Negeri Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat itu.

sumber : antaranews.com

Read 1148 times
Saleh Daulay

Rumah online Anggota DPR-RI Fraksi PAN. Fight for Justice and Humanity.

Add comment


Security code
Refresh

Kontak

Gedung DPR-RI, Jl. Gatot Subroto, Nusantara I, Lantai 19, Senayan Jakarta.

Email: i[email protected]

DPR Links