08
June

Ada seseorang yang mengajukan pertanyaan kritis soal ibadah, khususnya puasa, yang rasanya perlu saya jawab. Untuk berbagi dan mendapatkan masukan dari pembaca, berikut adalah diskusi mengenai hal tersebut.

29
January

Kemarin, ada mahasiswa saya bertanya, "Pak, mengapa sih jalan hidup dan nasib orang berbeda-beda . Kok rasanya Tuhan tidak adil ya? Ada yg hidupnya susah, tapi kok yang lain bahagia? Ada yang semua urusannya mudah, yang lain kok urusannya susah? Ada yang mudah menerima hidayah, yang lain kok susah? Dan banyak lagi. Di mana letak keadilan Tuhan?"

25
December

Oleh Dr. H. Saleh Partaonan Daulay, M.Ag, M.Hum, MA (Ketua Komisi VIII DPR-RI)

“People who want to share their religious views with you

almost never want you to share yours with them” (Dave Barry)

Pemerintah Negara Indonesia, sebagaimana ditegaskan dalam pembukaan Undang-undang Negara Kesatuan Republik Indonesia Tahun 1945 (UUD 1945), wajib melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia. Kewajiban negara untuk melindungi warga negaranya adalah sesuatu yang mutlak tanpa memandang keragaman rakyat Indonesia baik dari segi suku, agama, ras, antar golongan, status sosial, dan gender. Salah satu hal yang sering menjadi sorotan, baik di pentas domestik maupun global, adalah masalah perlindungan umat beragama di Indonesia. Sering sekali, sorotan tersebut didasarkan pada aspek regulasi yang dijadikan sebagai dasar pijakan dalam melihat relasi negara dan umat beragama.

07
October

PERASAAN suka cita dan bahagia menghiasi hampir semua raut muka para jama'ah sholat 'ied di pagi hari ini. Semua bergegas menuju lapangan tempat sholat dilaksanakan. Satu per satu menyusun shaf rapi dan teratur. Begitu duduk, secara serentak mereka ikut mengumandangkan lantunan takbir mengikuti jamaah lain yang sudah terlebih dahulu tiba.

15
July

Oleh Saleh Partaonan Daulay*

Keputusan KPU menggugurkan caleg DPR RI dari beberapa partai di dapil-dapil tertentu akibat kurangnya kuota 30 persen caleg perempuan menarik untuk dicermati. Selain masih menyisakan sejumlah pertanyaan krusial, keputusan itu dinilai tidak adil.

18
April

Rabu, 17 April 2013

Dunia pendidikan Indonesia kembali menjadi sorotan. Kementerian yang dipimpin Mohammad Nuh itu dinilai gagal menyelenggarakan ujian nasional secara serentak. Masalah utamanya, pencetakan dan distribusi soal ujian tidak tuntas sampai batas waktu pelaksanaan ujian.

18
April

Selasa, 09-04-2013

Gallup, lembaga survey terkenal di AS, dengan bangga menyebutkan, "Gallup knows more about the attitudes and behaviors of the world's constituents, employees, and customers than any other organization".

Page 1 of 7

Kontak

Gedung DPR-RI, Jl. Gatot Subroto, Nusantara I, Lantai 19, Senayan Jakarta.

Email: i[email protected]

DPR Links