Monday, 11 June 2012 01:58

Sepak Bola: Bukan Hanya Sekedar Hiburan Featured

Written by 
Rate this item
(0 votes)
Lionel Messi Lionel Messi Foto: telegraph.co.uk

Selama ini orang tidak pernah mempersoalkan mengapa menonton sepakbola layak dijadikan sebagai hobby. Pada kenyataannya, memang sepak bola adalah hiburan yang cukup mengasyikkan. Ada dua tim dan 22 pemain beradu ketangkasan untuk merebut dan memasukkan bola ke lawan gawang. Meskipun sesederhana itu, namun sepak bola adalah salah satu olahraga yang paling digemari sebagian besar penduduk bumi.  

Pertanyaannya, apakah sepak bola itu hanya berfungsi sebagai hiburan? Bila Anda menjawab iya, maka tentu Anda termasuk orang yang merugi. Sebab, di samping hiburan yang mengasyikkan, banyak pelajaran yang bisa diambil dari sepak bola. Bila pelajaran itu bisa diaplikasikan dalam kehidupan nyata, diyakini sangat bermanfaat dalam meningkatkan kualitas dan kompetensi diri. Berikut ini adalah beberapa pelajaran yang dapat diambil dari menonton sepak bola:

1) Disiplin
Seorang pemain sepak bola harus memiliki disiplin yang tinggi. Latihan kedisiplinan sudah diterapkan sejak rekrutment pemain, saat latihan,dan saat pertandingan. Untuk menjadi pemain hebat, seseorang harus bekerja keras untuk mendisiplinkan dirinya. Tanpa disiplin yang baik, cita-cita untuk menjadi pemain besar akan pupus di tengah jalan.

2) Kerjasama
Pertandingan sepak bola hanya menjadi indah bila seluruh anggota tim mampu menjalin kerjasama antara sesama pemain.Semakin baik kerjasama yang dilakukan, semakin baik pula hasil yang diperoleh. Walaupun suatu tim, misalnya, mampu menciptakan 10 gol, namun bila tidak dihasilkan dari suatu jalinan kerjasama antar pemain, maka pertandingan itu tetap tidak indah. Sebaliknya, meskipun masing-masing tim tidak berhasil membobol gawang lawan, namun bila selama pertandingan kedua tim mempertontonkan kerjasama antar pemain, maka pertandingan itu akan tetap menarik dan asyik untuk ditonton.

Selain itu, sebaik apa pun kemampuan individual seorang pemain, bila tidak bekerjasama dengan pemain lain, maka mustahil ia mampu menciptakan gol sendiri. Seorang Lionel Messi sekalipun tidak akan bisa menjadi pemain besar bila tidak mampu bekerjasama dengan seluruh anggota timnya. Seorang pemain akan bisa menjadi besar jika ia mampu membina kerjasama yang baik dengan teman-teman satu timnya. Ia harus siap dibesarkan dan membesarkan kawan-kawannya.
 
3) Kesabaran dan keuletan
Dalam permainan sepak bola dibutuhkan kesabaran dan keuletan. Walau seorang pemain berkali-kali hampir menjebol gawang lawan namun tetap tidak berhasil, ia tidak boleh putus asa. Ia harus bersabar dan mencoba lebih keras lagi. Dibutuhkan kesabaran dan keuletan untuk menciptakan gol. Kesabaran dan keuletan seorang pemainlah yang pada akhirnya bisa membuahkan hasil yang memuaskan. Kesabaran dan keuletan dibutuhkan bukan hanya pada saat menyerang, tetapi juga pada saat bertahan.

4) Berani mengambil Keputusan
Seorang pemain sepak bola yang baik disyaratkan berani mengambil keputusan cepat, tepat, dan akurat. Seorang penyerang, harus berani mengambil keputusan dalam suasana sesulit apa pun. Kapan dia harus menendang ke gawang lawan, dan kapan pula dia harus mengumpan bola ke teman lainnya. Begitu juga dengan kiper. Dia harus berani mengambil keputusan apakah tetap bertahan di dalam gawang atau mengejar dan memburu bola ke depan untuk menghalau pemain lawan yang mendekati gawangnya. Pengambilan keputusan yang cepat dan tepat sangat menentukan hasil akhir dari sebuah pertandingan.

5) Memadukan skill dan otak
Para pemain sepak bola tidak hanya dilatih agar pandai mengoper, mendrive, menendang bola, dan sejumlah skill lainnya. Mereka juga dituntut untuk menggunakan otaknya dalam setiap permainan. Pemain bola tidak hanya dituntut mampu membaca permainan lawan, tetapi juga harus mampu menyusun strategi agar dapat mengalahkan lawan. Pada  titik ini, pemain bola harus mampu memadukan skill dan otaknya secara bersamaan.

6) Fokus pada tujuan
Tujuan semua pemain sepak bola dalam setiap pertandingan adalah menciptakan gol. Oleh karena itu, dalam mengikuti suatu pertandingan, seluruh pemain dituntut untuk fokus pada tujuan utamanya itu. Walau ribuan trik dan taktik yang dimainkan, namun semua itu ditujukan untuk mencapai tujuan utama tadi. Kerjasama dan kerja keras yang dilakukan seluruh pemain akan menjadi sia-sia jika masing-masing pemain memiliki agenda sendiri-sendiri dalam pertandingan itu.

7) Sprotivitas dan Fairness
Sepak bola adalah sebuah olah raga yang dilengkapi dengan sejumlah aturan untuk meningkatkan sprotivitas seluruh pemain. Seorang pemain tidak diperkenankan, misalnya, menunggu bola di dekat gawang melebihi batas pemain lawan yang berdiri paling akhir. Bila itu dilakukan, maka wasit dan penjaga garis menganggapnya sebagai sesuatu yang tidak fair. Begitu juga, seorang pemain tidak diperbolehkan menjegal lawan secara sengaja untuk menghalangi lawan. Untuk menang dan berhasil, harus tetap dalam koridor sportivitas dan fairness. Tidak diperkenankan menghalalkan segala cara untuk meraih kemenangan.

Beberapa pelajaran yang diambil dari permainan sepak bola di atas sesungguhnya sangat relevan bila dikaitkan dengan konteks kehidupan manusia sehari-hari. Bagi mereka yang hendak berhasil dalam meraih suatu tujuan, maka karakteristik pemain dan aturan pertandingan sepak bola yang disebut di atas perlu ditanamkan. Tidak mudah untuk menjadi orang yang sukses. Diperlukan kedisiplinan, kerjasama, kesabaran, keberanian, skill dan kemampuan intelektual, fokus, dan juga sportivitas dan fairness. Semoga permainan sepak bola dapat menjadi inspirasi para penggemarnya untuk menjadi orang-orang yang sukses dalam hidupnya.

Salam olah raga...

Bila Anda punya gagasan terkait dengan pelajaran yang dapat diambil dari permainan sepak bola, silahkan dikirimkan ke alamat email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.. Nanti akan disinergikan dengan uraian yang disebutkan di atas.

Read 5875 times Last modified on Thursday, 12 July 2012 01:07
Saleh Daulay

Rumah online Anggota DPR-RI Fraksi PAN. Fight for Justice and Humanity.

Add comment


Security code
Refresh

Kontak

Gedung DPR-RI, Jl. Gatot Subroto, Nusantara I, Lantai 19, Senayan Jakarta.

Email: i[email protected]

DPR Links